PENERAPAN DI KELAS



 















No



Tahap Pembelajaran



Kegiatan Guru



Kegiatan Siswa



1



 

Menemukan MasalahMemberikan permasalahan yg diangkat dari latar kehidupan sehari-hari siswa. Berikan masalah yg bersifat tdk terdifinisikan dengan jelas (ill defined)Berusaha menemukan permasalahan dengan cara  melakukan kajian dan analisis secara cermat terhadap permasalahan yang diberikan  Memberikan sedikit fakta di seputar konteks permasalahanMelakaukan analisis terhadap fakta sebagai dasar dalam menemukan permasalahan

2


 

 

 

Mendefinisikan MasalahMendorong dan membimbing siswa utk menggunakan kecerdasan interpersonal dan kemampuan awal (prior knowledge) untuk memahami masalahDengan menggunakan kecerdasan interpersonal dan kemampuan awal (prior knowledge) berusaha memahami masalah  Membimbing siswa secara bertahap untuk mendifinisikan masalahBerusaha mendifisikan permaslahan dengan menggunakan parameter yang jelas

3


 

 

Mengumpulkan faktaMembimbing siswa untuk melakukan pengumpulan faktaMelakukan pengumpulan fakta dengan menggunakan pengalaman-pengalaman yg sudah diperolehnya  Membimbing siswa melakukan pencarian informasi dengan berbagai cara/metodeMelakukan pencarian informasi dengan berbagai cara serta dengan menggunankan kecerdasan majemuk yang dimiliki  Membimbing siswa melakukan pengelolaan informasiMelakukan pengelolaan/pengaturan informasi yg telah diperoleh dg berpatokan pada :

  1. Know; informasi apa yang diketahui

  2. Need to know; informasi apa yang dibutuhkan

  3. Need to do; apa yang akan dilakukan dengan informasi yang ada


4


 

Menyusun hipotesis

Membimbing siswa untuk menyusun jawaban/hipotesis (dugaan sementara) terhadap permasalahan yang dihadapiMembuat hubungan-hubungan antar berbagai fakta yang ada  Membimbing siswa untuk menggunakan kecerdasan majemuk dalam menyusun hipotesisMenggunakan berbagai kecerdasan majemuk untuk menyusun hipotesis  Membimbing siswa untuk menggunakan kecerdasan interpersonal dalam mengungkapkan pemikirannyaMenggunakan kecerdasan interpersonal untuk mengungkapkan pemikirannya  Membimbing siswa untuk menyusun alternaif jawaban sementaraBerusaha menyusun beberapa jawaban sementara

5


 

Melakukan penyelidikan

Membimbing  siswa untuk melakukan penyelidikan terhadap informasi dan data yang telah diperolehnyaMelakukan penyelidikan terhadap informasi dan data yang telah diperoleh  Dalam membimbing siswa melakukan penyelidikan, guru membuat struktur belajar yang memungkinkan siswa dapat menggunakan berbagai cara untuk mengetahui dan memahami dunianyaDalam melakukan penyelidikan siswa menggunakan kecerdasan majemuk yg dimilikinya untuk memahami dan member makna data dan informasi yang ada

6


Menyempurnakan permasalahan yg telah didefinisikanMembimbing siswa melakukan penyempurnaan terhadap masalah yang telah didefinisikanMelakukan penyempurnaan masalah yang telah dirumuskan

7


Menyimpulkan alternative pemecahan masalah secara kolaboratifMembimbing siswa untuk menyimpulkan alternative pemecahan masalah secara kolaboratifMembuat kesimpulan alternative pemecahan masalah secara kolaboratif

8


Melakukan pengujian hasil (solusi) pemecahan masalahMembimbing siswa melakuan penguian hasil (solusi) pemecahan masalahMelakukan pengujian hasil (solusi) pmecahan masalah

 
Anda membaca artikel PENERAPAN DI KELAS dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url https://bloggergagals.blogspot.com/2012/01/penerapan-di-kelas.html.


Backlink here..

Description: PENERAPAN DI KELAS Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: PENERAPAN DI KELAS


Shares News - 00.15


Share your views...

0 Respones to "PENERAPAN DI KELAS"

Posting Komentar