PENERAPAN DI KELAS
No | Tahap Pembelajaran | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa |
1 |
Menemukan MasalahMemberikan permasalahan yg diangkat dari latar kehidupan sehari-hari siswa. Berikan masalah yg bersifat tdk terdifinisikan dengan jelas (ill defined)Berusaha menemukan permasalahan dengan cara melakukan kajian dan analisis secara cermat terhadap permasalahan yang diberikan Memberikan sedikit fakta di seputar konteks permasalahanMelakaukan analisis terhadap fakta sebagai dasar dalam menemukan permasalahan
2
Mendefinisikan MasalahMendorong dan membimbing siswa utk menggunakan kecerdasan interpersonal dan kemampuan awal (prior knowledge) untuk memahami masalahDengan menggunakan kecerdasan interpersonal dan kemampuan awal (prior knowledge) berusaha memahami masalah Membimbing siswa secara bertahap untuk mendifinisikan masalahBerusaha mendifisikan permaslahan dengan menggunakan parameter yang jelas
3
Mengumpulkan faktaMembimbing siswa untuk melakukan pengumpulan faktaMelakukan pengumpulan fakta dengan menggunakan pengalaman-pengalaman yg sudah diperolehnya Membimbing siswa melakukan pencarian informasi dengan berbagai cara/metodeMelakukan pencarian informasi dengan berbagai cara serta dengan menggunankan kecerdasan majemuk yang dimiliki Membimbing siswa melakukan pengelolaan informasiMelakukan pengelolaan/pengaturan informasi yg telah diperoleh dg berpatokan pada :
- Know; informasi apa yang diketahui
- Need to know; informasi apa yang dibutuhkan
- Need to do; apa yang akan dilakukan dengan informasi yang ada
4
Menyusun hipotesis
Membimbing siswa untuk menyusun jawaban/hipotesis (dugaan sementara) terhadap permasalahan yang dihadapiMembuat hubungan-hubungan antar berbagai fakta yang ada Membimbing siswa untuk menggunakan kecerdasan majemuk dalam menyusun hipotesisMenggunakan berbagai kecerdasan majemuk untuk menyusun hipotesis Membimbing siswa untuk menggunakan kecerdasan interpersonal dalam mengungkapkan pemikirannyaMenggunakan kecerdasan interpersonal untuk mengungkapkan pemikirannya Membimbing siswa untuk menyusun alternaif jawaban sementaraBerusaha menyusun beberapa jawaban sementara
5
Melakukan penyelidikan
Membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan terhadap informasi dan data yang telah diperolehnyaMelakukan penyelidikan terhadap informasi dan data yang telah diperoleh Dalam membimbing siswa melakukan penyelidikan, guru membuat struktur belajar yang memungkinkan siswa dapat menggunakan berbagai cara untuk mengetahui dan memahami dunianyaDalam melakukan penyelidikan siswa menggunakan kecerdasan majemuk yg dimilikinya untuk memahami dan member makna data dan informasi yang ada
6
Menyempurnakan permasalahan yg telah didefinisikanMembimbing siswa melakukan penyempurnaan terhadap masalah yang telah didefinisikanMelakukan penyempurnaan masalah yang telah dirumuskan
7
Menyimpulkan alternative pemecahan masalah secara kolaboratifMembimbing siswa untuk menyimpulkan alternative pemecahan masalah secara kolaboratifMembuat kesimpulan alternative pemecahan masalah secara kolaboratif
8
Melakukan pengujian hasil (solusi) pemecahan masalahMembimbing siswa melakuan penguian hasil (solusi) pemecahan masalahMelakukan pengujian hasil (solusi) pmecahan masalah
Backlink here.. Description: PENERAPAN DI KELAS Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: PENERAPAN DI KELAS
Shares News
-
00.15
Tags:
pendidikan,
penerapan dikelas
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Share your views...
0 Respones to "PENERAPAN DI KELAS"
Posting Komentar