RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP)



 

MADRSAH : MAN 2 YOGYAKARTA

MATA PELAJARAN : AQIDAH – AKHLAK

KELAS / SEMESTER : XI / I

TAHUN PELAJARAN : 2010 / 20011

ALOKASI WAKTU :

PERTEMUAN :

I.            STANDAR KOMPETENSI


  • Memahami dan menghayati aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.


II.            KOMPETENSI DASAR

  1. Menyebutkan aliran – aliran ilmu kalam.

  2. Membaca buku – buku yang terkait dengan aliran – aliran ilmu kalam.

  3. Mendiskusikan yang berkaitan dengan dengan pekan / pendapat

  4. Membuat kesimpulan materi pokok


 

III.            INDIKATOR PEMBELAJARAN

Siswa mampu :

  1. Siswa mampu menjelaskan aliran – aliran ilmu kalam,tokoh – tokoh dan pandangan – pandangannya

  2. Siswa mampu menganalisis perbedaan antara aliran – aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lainnya.

  3. Menjelaskan secara garis besar dasar-dasar pemikiran ilmu kalam


IV.            MATERI PEMBELAJARAN

  • Materi pokok : Aliran-alliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dalam aliran ilmu kalam,


 

  • Uraian Materi :



  1. Asal usul munculnya aliran – aliran ilmu kalam.

  2. Aliran-aliran dalam ilmu kalam.

  3. Tokoh – tokoh dalam aliran ilmu kalam.


 

V.            METODE PEMBELAJARAN

  • Cerita

  • Diskusi


VI.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan awal


Memulai pelajaran dengan membaca Basmallah / doa, kemudian memberikan pengarahan sebagai awal pertemuan.

 

  1. Kegiatan inti


Mengkaji materi tersebut, pendidik menyampaikan dan menjelaskan materi yang dibahas dan dilanjutkan dengan diskusi yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas.

  1. Kegiatan akhir


Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi. Kemudian kegiatan ditutup dengan membaca hamdallah.

  1. ALAT/BAHAN/SUMBER/BELAJAR



  • Al-Qur’an dan terjemahan Depag, Fiqih islam Sulaiman Rasyid, Aqidah –akhlak kurikulum 2008, Risalah islamiyah bidang akhlak pimpinan pusat muhammadiyah, Al-Hikmah LKS SMA kelas XI.



  1. PENILAIAN

  2. Kognitif ( tes tulis)









































NoItem SoalBobotCatatan
1Jelaskan aliran – aliran Ilmu Kalam, tokoh-tokoh dan pandangan - pandangannya?10 
2Sebutkan perbedaan antara aliran Ilmu Kalam yang satu dengan yang lain?10 
3Jelaskan secara garis besar dasar-dasar Ilmu Kalam?10 
4Sebutkan latar belakang munculnya Ilmu Kalam?10 
5Sebutkan beberapa masalah yang dijadikan pokok perbedaan dalam Ilmu Kalam?10 

 

  1. Afektif ( Pengamatan minat dan sikap)












































NoNama SiswaAspek penilaian afektifJumlah skorNilaiCatatan
ResponsDisiplinKerjasamaTuntas tugas   
1        
2        

 

 

  1. Psikomotorik












































NoNama SiswaAspek penilaian afektifJumlah skorNilaiCatatan
PenguasaanSistimatikaKecakapanKualitas   
1        
2        

 

 

Mengetahui                                                                         Yogyakarta,  6 April 2011

Kepala Madrasah                                                                 Penyusun Guru Mata Pelajaran

 

Dra. Akif Khilmiyah, M. Ag                                                                                      Teti Naafiriya                              NIP                                                                                                                               (20090720023)                                              

 

 

 

 
Anda membaca artikel RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP) dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url https://bloggergagals.blogspot.com/2012/01/rencana-pelaksanaan-pebelajaran-rpp.html.


Backlink here..

Description: RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP) Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP)


Shares News - 23.59


Share your views...

0 Respones to "RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP)"

Posting Komentar