RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP)
MADRSAH : MAN 2 YOGYAKARTA
MATA PELAJARAN : AQIDAH – AKHLAK
KELAS / SEMESTER : XI / I
TAHUN PELAJARAN : 2010 / 20011
ALOKASI WAKTU :
PERTEMUAN :
I. STANDAR KOMPETENSI
- Memahami dan menghayati aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyebutkan aliran – aliran ilmu kalam.
- Membaca buku – buku yang terkait dengan aliran – aliran ilmu kalam.
- Mendiskusikan yang berkaitan dengan dengan pekan / pendapat
- Membuat kesimpulan materi pokok
III. INDIKATOR PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Siswa mampu menjelaskan aliran – aliran ilmu kalam,tokoh – tokoh dan pandangan – pandangannya
- Siswa mampu menganalisis perbedaan antara aliran – aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lainnya.
- Menjelaskan secara garis besar dasar-dasar pemikiran ilmu kalam
IV. MATERI PEMBELAJARAN
- Materi pokok : Aliran-alliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dalam aliran ilmu kalam,
- Uraian Materi :
- Asal usul munculnya aliran – aliran ilmu kalam.
- Aliran-aliran dalam ilmu kalam.
- Tokoh – tokoh dalam aliran ilmu kalam.
V. METODE PEMBELAJARAN
- Cerita
- Diskusi
VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan awal
Memulai pelajaran dengan membaca Basmallah / doa, kemudian memberikan pengarahan sebagai awal pertemuan.
- Kegiatan inti
Mengkaji materi tersebut, pendidik menyampaikan dan menjelaskan materi yang dibahas dan dilanjutkan dengan diskusi yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas.
- Kegiatan akhir
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi. Kemudian kegiatan ditutup dengan membaca hamdallah.
- ALAT/BAHAN/SUMBER/BELAJAR
- Al-Qur’an dan terjemahan Depag, Fiqih islam Sulaiman Rasyid, Aqidah –akhlak kurikulum 2008, Risalah islamiyah bidang akhlak pimpinan pusat muhammadiyah, Al-Hikmah LKS SMA kelas XI.
- PENILAIAN
- Kognitif ( tes tulis)
No | Item Soal | Bobot | Catatan |
1 | Jelaskan aliran – aliran Ilmu Kalam, tokoh-tokoh dan pandangan - pandangannya? | 10 | |
2 | Sebutkan perbedaan antara aliran Ilmu Kalam yang satu dengan yang lain? | 10 | |
3 | Jelaskan secara garis besar dasar-dasar Ilmu Kalam? | 10 | |
4 | Sebutkan latar belakang munculnya Ilmu Kalam? | 10 | |
5 | Sebutkan beberapa masalah yang dijadikan pokok perbedaan dalam Ilmu Kalam? | 10 |
- Afektif ( Pengamatan minat dan sikap)
No | Nama Siswa | Aspek penilaian afektif | Jumlah skor | Nilai | Catatan | |||
Respons | Disiplin | Kerjasama | Tuntas tugas | |||||
1 | ||||||||
2 |
- Psikomotorik
No | Nama Siswa | Aspek penilaian afektif | Jumlah skor | Nilai | Catatan | |||
Penguasaan | Sistimatika | Kecakapan | Kualitas | |||||
1 | ||||||||
2 |
Mengetahui Yogyakarta, 6 April 2011
Kepala Madrasah Penyusun Guru Mata Pelajaran
Dra. Akif Khilmiyah, M. Ag Teti Naafiriya NIP (20090720023)
Backlink here.. Description: RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP) Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP)
Shares News
-
23.59
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Share your views...
0 Respones to "RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP)"
Posting Komentar