SILABUS





 

SATUAN PENDIDIKAN     : MAN 2 YOGYAKARTA

MATA PELAJARAN            :AQIDAH-AKHLAK

KELAS/ SEMESTER             : XI /  GANJIL

STANDAR KOPETENSI       : Memahami hakikat ilmu kalam serta tokoh – tokohnya dan membiasakan berprilaku terpuji serta menghindari berprilaku tercela dalam kehidupan sehari – hari.

 

















































KOPETENSI DASAR



MATERI PEMBELAJARAN



KEGIATAN PEMBELAJARAN



INDIKATOR



PENILAIAN



ALOKASI WAKTU



SUMBER BACAAN


1.1Siswa mampu memahami hakikat ilmu kalam 

 

 

 

 

 

 

 

 


  1. Pengertian dan fungsi  ilmu kalam.

  2. Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.

  3. Ilmu kalam dalam mempertahankan akidah.

  4. Memahami  Pengertian dan fungsi  ilmu kalam.

  5. Membaca buku yang sesuai materi pokok.

  6. Mendiskusikan materi pokok.

  7. Menyimpulkan materi pokok.




  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam.

  2. Siswa mampu menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.

  3. Siswa dapat menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah.


 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
1.Akidah akhlak kurikulum 2008, Drs. Mulyadi dkk,kelas XI2. Akidah akhlak kelas XI KTSP Diktat Hibana Yusuf

3. LKS Alhikmah kelas XI,musyawarah Guru PAI

4. LKS Alhikmah kelas XI,musyawarah Guru PAI

 

 
1.2Memahami dan menghayati aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya

  1. Aliran – aliran ilmu kalam.


-        Aliran mu’tazilah

-        Aliran  asy’ariyah

-        Aliran qadariyah

-        Aliran Jabariyah

-         Aliran Khawarij

-        Aliran ahlusunah

-        Aliran Syi’ah

-        Aliran Maturidiah

  1. Tokoh – tokoh dalam aliran ilmu kalam:


-        Muta’jilah

-        Wakil bin Atma

-        Amr bin Ubaid

-        Al- Allaf

-        An-Nazzam

-        Al –juba’i

Asyari’ah :

-        Al-juba’i

-        Ibnu Fanuk

-        Ibnu ishak

-        Abdul Qahir

-        Al-Ghozali

 


  1. Menyebutkan aliran – aliran ilmu kalam.

  2. Membaca buku – buku yang terkait dengan aliran – aliran ilmu kalam.

  3. Mendiskusikan yang berkaitan dengan dengan pekan / pendapat

  4. Membuat kesimpulan materi pokok


 

 

 


  1. Siswa mampu menjelaskan aliran – aliran ilmu kalam,tokoh – tokoh dan pandangan – pandangannya

  2. Siswa mampu menganalisis perbedaan antara aliran – aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lainnya.

  3. Menjelaskan secara garis besar dasar-dasar pemikiran ilmu kalam


LKS Al-Hikmah kelas XI Musyawarah Guru PAI
1.3Siswa mampu membiasakan berperilaku terpuji,berpakaian,berhias,perjalanan,bertamu,menerima tamu dalam kehidupan sehari – hari.

  1. Akhlak berpakaian


-        Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian

-        Bentuk akhlak berpakaian

-        Nilai positif akhlak berpakaian

  1. Akhlak berhias


-        Pengertian dan pentingnya akhlak berhias

-        Bentuk akhlak berhias

-        Nilai positif akhlak berhias

-        Membiasakan akhlak berhias

  1. Akhlak perjalanan (Safar)


-        Pengertian dan pentingnya akhlak berjalan

-        Bentuk akhlak berjalan

-        Nilai positif akhlak berjalan

-        Membiasakan akhlah perjalanan

  1. Akhlak bertamu


-        Pengertian dan pentingnya akhlak bertamu

-        Bentuk akhlak bertamu

-        Nilai positif akhlak bertamu

-        Membiasakan akhlak bertamu

  1. Akhlak penerima tamu


-        Pengertian dan pentingnya akhlak penerima tamu

-        Bentuk akhlak penerima tamu

-        Nilai positif akhlak penerima tamu

-        Membiasakan akhlak menerima tamu

 


  1. Memahami pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian.

  2. Membaca buku yang sesuai dengan materi pokok.

  3. Mendiskusikan materi pokok.

  4. Menyimpulkan hasil diskusi


 


  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian akhlak berpakainan,berhias,perjalanan,bertamu,menerima tamu

  2. Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakainan,berhias,perjalanan,bertamu,menerima tamu

  3. Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakainan,berhias,perjalanan,bertamu,menerima tamu

  4. Membiasakan akhlak berpakainan,berhias,perjalanan,bertamu,menerima tamu


 
1. Al-Qur’an dan terjemah Depag2. Fiqih islam Sualiman Rasyid\

3. Akidah akhlak kurikulum 2008, Drs. Mulyadi dkk,kelas XI

4. Risalah islamiyah bidang akhlak,pimpinan pusat muhammadiyah

5.  Al-Hikmah LKS MA kelas XI

 

 
1.4Menghindari berperilaku tercelaAkhlak tercela:

  1. Berzina


-        Pengertian berzina

-        Hikmah diharankanya berzina

  1. Mabuk – mabukan dan mengkonsumsi narkoba


-        Pengertian mabuk – mabukan

-        Pengertian konsumsi narkoba

  1. Mencuri


-        Pengertian mencuri

-        Hikmah hukuman bagi pencuri

 

 

 


  1. Memahami makna perbuatan zina

  2. Membaca literatur – literatur tentang zina.

  3. Mendiskusikan tentang perbuatan zina, mabuk – mabukan dan perbuatan mencuri

  4. Memberikan kesimpulan dari hasil diskusi


 


  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dosa besar (zina, mabuk – mabukan dan perbuatan mencuri)

  2. Siswa mampu mengidentifikasi bentuk perbuatan dosa besar (zina, mabuk – mabukan dan perbuatan mencuri)

  3. Siswa mampu menunjukkan nuilai – nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (zina, mabuk – mabukan dan perbuatan mencuri)

  4. Siswa mampu menghindari perlakuan dosa besar (zina, mabuk – mabukan dan perbuatan mencuri)


 
1. Al-Qur’an dan terjemahan Depag2. Fiqih islam Sualiman Rasyid

3. Akidah akhlak kurikulum 2008, Drs. Mulyadi dkk,kelas XI

4. Risalah islamiyah bidang akhlak,pimpinan pusat muhammadiyah

5. ssAl-Hikmah LKS MA kelas XI

 

 

 

 

 
Anda membaca artikel SILABUS dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url https://bloggergagals.blogspot.com/2012/01/silabus.html.


Backlink here..

Description: SILABUS Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: SILABUS


Shares News - 00.01


Share your views...

0 Respones to "SILABUS"

Posting Komentar